Home » » Konsep Dasar Jaringan LAN

Konsep Dasar Jaringan LAN

Written By Unknown on Rabu, 27 Maret 2013 | 23.57


  1. Jaringan   komputer  adalah  kumpula komputer,  printer dan peralatalainnyyang terhubundalam satukesatuanInformasdan data bergerak   melalui   kabel-kabel   atau   tanpa  kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama danbersama - sama menggunakan hardware/software   yang terhubung   dalam jaringan.
  2. Ada  lima  jenis  jaringan  komputer, yaitu :
    1) 
    Local    Area  Network (LAN), 
    2) Metropolitan  Area  Network  (MAN), 

    3) Wide  Area  Network (WAN),  

    4) Internet, dan  

    5) Jaringan tanpa kabel
  3. Topologi jaringan adalah suatu cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah Bus, Token-Ring, dan StarNetwork. 
  4. Tipe jaringan terkait erat dengan sistem operasi jaringan. Ada dua type jaringan, yaitu :
    1) client-server 2) jaringan peer to peer
    .
  5. Untuk   menyelenggarakan   komunikasi   berbagai   macam   vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetujui berbagai pihak. Aturan baku itulah yang disebut PROTOCOL. Untuk itu maka badan dunia  yang menangani masalah  standarisas ISO (International Standardization Organization) membuataturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection).   Selain OSI adabadan dunia lainnya seperti ITU (International Telecommunication Union), ANSI (American National StandardInstitute), NCITS (National Committee for Information Technology Standardization), bahkan juga oleh lembaga asosiasi profesi IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan ATM-Forum di Amerika yangjuga membuat aturan standar ini.

  1. IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakanprotokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok  angka desima yang dipisahkan  oleh  tanda  titik  seperti 193.160.5.1. Ada 3 macam IP address : IP Addres kelas A(untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar, 16.777.214), IP Address kelas B (untuk jaringanberukuran sedang dan besar), dan IP address kelas C (untuk jaringan berukuran kecil-LAN

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Materi kelas xi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger